Kamis, 06 Juni 2013

Inovasi Media Pembelajaran

INOVASI PENDIDIKAN


Memperkenalkan Media Pembelajaran Baru untuk Pembelajaran Bahasa Jawa

"AJAIB"
Aksara Jawa Imut Banget

Gambar media tampak depan
 Gambar papan yang sudah dilubangi
 Gambar media jadi
Gambar media bila dijinjing


Gb. Media AJAIB
           Bahasa Jawa merupakan salah satu bagian dari kebudayaan Indonesia. Seiring dengan perkembangan bahasa Jawa maka diperlukan penyesuaian ejaan huruf Jawa, terutama pada aksara Jawa yang semakin ditinggalkan. Pembelajaran bahasa Jawa yang mulai dipelajari sejak jenjang SD hingga SLTA bertujuan untuk melestarikan budaya daerah. Diharapkan dengan adanya pelajaran bahasa Jawa masyarakat tetap mengenal dan melestarikan salah satu budaya Indonesia yaitu bahasa Jawa.
      Berdasarkan observasi di kelas IV, keterampilan membaca aksara Jawa masih perlu ditingkatkan. Pada umumnya siswa masih belum memahami tentang 20 aksara Jawa. Kesulitan siswa dalam mempelajari aksara Jawa disebabkan oleh kurangnya minat dalam mempelajari aksara Jawa. Hambatan tersebut dialami siswa bukan semata-mata dikarenakan tulisan Jawa sudah tidak lagi digunakan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga dikarenakan penggunaan media yang kurang dapat menarik minat belajar siswa. Upaya dalam mengatasi permasalahan ini, perlu adanya suatu media yang dapat meningkatkan efektivitas dan minat belajar siswa khususnya dalam mempelajari aksara Jawa. 
          Memperhatikan permasalahan yang ada di SD mengenai kesulitan membaca aksara Jawa maka perlu digunakan suatu media yang dapat menarik minat belajar siswa mengenai aksara Jawa. Pemanfaatan media pembelajaran yang tepat akan mampu menarik dan menambah semangat belajar siswa sehingga mempermudah siswa dalam menghafal aksara Jawa. Pembelajaran aksara Jawa dengan menggunakan media AJAIB, diharapkan mampu menumbuhkan minat siswa dalam mempelajari aksara Jawa.

Adapun alat dan bahannya adalah sebagai berikut:

1. Alat
a. jarum
b. gunting
c. spidol
d. soldier
e. lem
2. Bahan
a. kain flanel
b. dakron
c. benang
d. styrofoam
e. tali

Media AJAIB ini merupakan media pembelajaran bahasa Jawa yang terbuat kain flanel berwarna-warni yang dijahit sedemikian rupa hingga membentuk 20 aksara Jawa.  Aksara Jawa tersebut dipasangkan pada papan yang terbuat dari styrofoam yang berbentuk segi empat. Satu papan memuat 10 aksara Jawa. Jadi ada dua buah papan berukuran sama. Untuk kepraktisan dalam mengemasnya, kedua papan ini bisa dilipat dan ditangkupkan hingga membentuk seperti tas (bisa dijinjing dan lebih ringkas).

Ada banyak kelebihan yang dimiliki media AJAIB. Pertama, bentuknya yang imut dan lucu tentu akan menarik perhatian siswa, terlebih siswa Sekolah Dasar. Kedua, warnanya yang cerah dan memiliki pola juga akan membantu siswa dalam mengingat aksara tersebut. Ketiga, penggunaanya sangat mudah. Aksara Jawa tersebut bisa dilepas dan dipasang pada papan yang terbuat dari gabus/styrofoam, selain itu bentuk lubang yang sesuai dengan bentuk huruf juga akan memudahkan siswa dalam menghafal. Apabila aksara dipasang tidak pada tempatnya maka tidak akan cocok. Kelima, selain mudah penggunaanya, pembuatannya pun sangat simpel. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah diperoleh, dan yang jelas aman digunakan untuk anak-anak. Keenam, di bawah masing-masing aksara Jawa tersebut ada latinnya sehingga bila siswa lupa nama aksaranya bisa dibuka latin di bawahnya. Ketujuh, media ini sangat cocok digunakan di sekolah dasar karena merupakan media konkret yang bisa lansung digunakan siswa. Menurut Piaget (dalam Rita Eka, dkk., 2008: 35), anak usia SD berada pada tahap operasional konkret, di mana pembelajaran akan lebih bermakna apabila menggunakan benda-benda atau media yang konkrit/nyata. Media AJAIB ini adalah jawabannya. Selama ini media yang digunakan di SD kurang bisa menarik minat siswa untuk belajar. Kebanyakan media yang ada di SD selama ini hanya berupa gambar dan buku teks  yang bentuknya hanya itu-itu saja. 


Dari kelebihan-kelebihan di atas, para pembuat media ini yakin bahwa bila media ini digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa di SD akan dapat meningkatkan minat dan keterampilan membaca aksara Jawa. 
Akan tetapi pembuat media  juga menyadari bahwa media ini juga memiliki kekurangan dan masih membutuhkan penyempurnaan lagi dan lagi hingga benar-benar tercipta suatu media yang lebih inovatif. Untuk itu kritik dan saran dari teman-teman, bapak-ibu guru dan juga pembaca semua sangat kami nantikan. SALAM INOVATIF!!! :D

Cara pemakaian media bisa dilihat di sini: Media Bahasa Jawa AJAIB


Inovator:

1. Dheni Purwanti
2. Hidayatu Romlah
3. Putri Tanjungsari
4. Fadilla Putri K
5. Fajrin Setyorini
6. Yusron Affandi
7. Lia Nurmawati

Kampus 2 UNY, UPP 1 Mandala 
PGSD UNY Angkatan 2010 (Kelompok KKN-PPL SD N Tegal Panggung Yk)

Referensi:

Rita Eka Izzaty, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY
            Press.

2 komentar: